Cinecorn 2021: Hari Anak Nasional

Dipublikasikan 3/09/2021
Penulis: Azizah Nurul Hikmah


Cinema Corner merupakan kegiatan pre-event dari Dian Didaktika Film Festival, Cinecorn dirancang untuk memperingati hari - hari besar nasional bersama para sineas pelajar. Pada tahun ini, Cinecorn sudah sampai memperingati Hari Anak Nasional. Dengan mengundang para pembicara sineas pelajar dari pemenang kategori Bandhawa DDF 2020, sebuah diskusi yang dimoderatori oleh Fayanna Davianny ini dapat terlaksana secara interaktif dan menarik. Diskusi Cinecorn tersebut mengangkat tema “Krisis Film Anak di Indonesia”, sebuah tema yang memiliki fokus pembicaraan tentang kurangnya film - film yang mengedukasi dan bermanfaat untuk anak di era modern sekarang.


Dengan menjadikan Cinecorn sebagai tempat diskusi, kami berharap Cinecorn bisa menjadi tempat yang cocok untuk bertukar pikiran antar sineas pelajar. “Bagi saya cinecorn sudah sangat berhasil menyediakan tempat untuk para filmmaker berdiskusi, karena cinecorn ini juga para filmmaker satu sama lain bisa saling mengenal dan juga saling belajar satu sama lain”, ungkap Dimas Eddy Djauhari perwakilan dari SMK Negeri 3 Banjarmasin pemenang Juara 2 Kategori Bandhawa DDF 2020 dengan karyanya “Saraba Onlen”. Menurutnya, Cinecorn merupakan acara yang bermanfaat, karena ilmu yang didapat tidak hanya tersampaikan kepada filmmaker - filmmaker yang ada dalam perbincangan namun ke para penonton juga. 


Beberapa pembicara Cinecorn 2021 Hari Anak juga memberikan kesan pesan mereka kepada moderator dan panitia setelah mengikuti rangkaian acara Cinecorn, salah satunya Zaid Alfari perwakilan dari SMAN 1 Tangerang Selatan pemenang Juara 1 Kategori Bandhawa DDF 2020 dengan karyanya “Kampung Ghibah”. ‘“Panitia sudah memberi informasi yang cepat dan menurut saya, hal ini sangat berpengaruh dalam kesediaan speaker untuk mengikuti acara. Untuk moderator cukup interaktif dalam membawakan acara”, ungkapannya.

Bagi kalian yang belum mendapatkan kesempatan untuk ikut serta dalam diskusi Cinecorn 2021, jangan khawatir, karena masih ada banyak kesempatan untuk kalian di Cinecorn 2022. Set your reminder! Jangan lupa daftarkan karya film pendek  kalian di DDF 2022 nanti dan ikuti program Cinecorn sekaligus program - program DDF lainnya.