40 Penghargaan Menunggu Finalis DDF 2021

Dipublikasikan 16/03/21
Penulis: Azizah Nurul Hikmah


Cinema Award atau Cineward, adalah puncak acara dan acara penutupan Dian Didaktika Film Festival. Inti dari Cineward adalah pemberian apresiasi penghargaan kepada para finalis yang berhasil memenangkan nominasi penghargaan kompetisi film pendek DDF. Pada DDF tahun - tahun sebelumnya, terdapat penghargaan berdasarkan kategori tema. Kategori Fiksi dibagi menjadi beberapa subtema, diantaranya adalah Aradhana (Peace and Unite), Dredheg (Fear and Terror), Bandhawa (Family and Friendship), dan Abhipraya (Ambition, Desire, and Hope). Kategori Dokumenter dibagi juga menjadi beberapa subtema, diantaranya adalah Tatya (Reality), Gunita (Culture), dan Citraloka (History).


Penghargaan DDF 2021 ditambah menjadi sebanyak 40 penghargaan turunan dari kategori film fiksi dan dokumenter. Penghargaan diperbanyak karena DDF ingin memberikan apresiasi dan dukungan lebih dengan memperluas kesempatan para peserta untuk mendapatkan penghargaan.


“Peserta DDF ini kan masih pelajar… mereka masih banyak belajar, dan menurut saya mereka butuh banyak mendapatkan apresiasi dan dukungan. Karena mereka ini adalah anak - anak yang nantinya akan menggantikan filmmaker - filmmaker indonesia, tentunya mereka harus banyak mendapatkan apresiasi. Harus banyak mendapatkan kesempatan, mereka membuat film aja itu bisa dibilang adalah sebuah achievement buat mereka… apalagi kalau kita memberikan achievement tambahan berupa penghargaan - penghargaan lebih di DDF,” ucap Septa Yudhistira Pratama, S.I. Kom. selaku programmer DDF 2021. 


“Terkadang ada dua film, dua - duanya sama sama oke, tapi oke dengan cara mereka masing - masing… film A bagus karena aspek - aspek apa, yang B bagus karena aspek - aspek apa, sayang kalau kita harus menggugurkan salah satunya hanya karena kriterianya tidak masuk... maka kita coba untuk memperbanyak dan memperluas penghargaan sehingga semua film punya kesempatan untuk menjadi film terbaik dengan versi mereka masing - masing.” lanjut Kak Septa.